Soft Launching Riko The Series di ISEF 2019


Pada kesempatan ini ada launching Edutainment berbasis serial animasi berjudul Riko, diproduksi Garis 10 (Garis Sepuluh). Riko dirancang memberi wawasan tentang ilmu pengetahuan merujuk pasa Al Quran dengan cerita menarik sebuah petualangan untuk mencari tahu tentang berbagai macam hal/peristiwa yang terjadi disekitarnya dari Riko dan Q110 (nama robot sahabat Rico diambil dari Surah An-Nasr) di dunia hologram (dh).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf) melalui Direktorat Akses Perbankan, Deputi Akses Permodalan gelar kegiatan Pilot Project Petunjuk Teknis Permodalan dengan Skema Pembiayaan Akad Mudharabah Muqqayadah di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta (16/11).

Kebijakan ini telah dikaji Direktorat Akses Perbankan, Deputi Akses Permodalan Kemenparekraf/Baparekraf bersama tim ahli dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia melibatkan pelaku ekonomi kreatif, investor dan perbankan Syariah berskema akad Mudharabah Muqayyadah serta penandatanganan Pilot Project Petunjuk Teknis Pembiayaan dengan Skema Permodalan Mudharabah Muqayyadah untuk Pelaku Ekonomi Kreatif. Investor yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Wardah dan Maybank Syariah.

Mudharabah muqayyadah merupakan transaksi kerjasama antara investor (sebagai shahibul maal) dengan bank syariah (sebagai mudharib) dimana investor mensyaratkan penggunaan dana yang diinvestasikan khusus bagi kegiatan usaha yang cakupannya dibatasi oleh spesifikasi jenis usaha, waktu, dan daerah dengan nisbah bagi hasil disepakati di awal untuk kemudian dibagi bersama. Skema akad mudharabah muqayyadah memberikan imbal hasil bulanan yang lebih baik dan juga terdapat pihak ketiga (yaitu bank) yang memiliki kapabilitas dalam melakukan due dilligence.

“Skema permodalan akad mudharabah muqayyadah ini dapat mendorong pelaku ekraf untuk lebih disiplin dalam berbisnis sehingga usaha mereka menjadi bankable dan dapat membangun track record dan transaksi di bank,” ujar Menparekraf dan Kepala Baparekraf, Wishnutama Kusubandio.

No comments:

Post a Comment

Pages